Merbabu kembali

29/03/2016 at 01:43 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Februari 2016

Aku kembali ke tempat ini untuk yang ke-2 kalinya, meski berkali-kali keinginan ini sempat tertunda namun ternyata Tuhan memberi jalan, tepat disaat hari ulang tahunku, Februari, bertepatan saat libur hari raya Imlek tahun ini, ditemani 2 orang kawan, aku berangkat Sabtu sore hari sehabis ashar.

Meski ini perjalanan ke-2 ternyata masih harus nyasar dahulu untuk sampai ke tempat tujuan, ingatanku memang kadang payah kalau harus menghafal arah jalan, beruntung salah seorang teman ternyata juga pernah kesana,  ditambah dengan bantuan GPS dari hp hal itu membantu perjalanan kami untuk sampai kesana.

Selo, Merbabu

Malam hari kami sudah sampai di basecamp, entah jam berapa aku sedikit lupa, yang jelas perjalanan untuk sampai ke basecamp ini memang agak lama dari biasanya, nyasar 😅…. Dan baru sadar ternyata kami juga berhenti di basecamp yang tidak seperti biasanya, sepertinya ini basecamp baru. Tapi meskipun baru di parkiran tetap penuh dengan kendaraan-kendaraan.

Sekitar jam 12 malam kami mulai naik bersama rombongan lain yang masih tersisa saat itu, dan entah masuk angin atau tubuh memang masih dalam proses adaptasi aku merasakan mual, nafas ngos-ngosan meski perjalanan baru saja di mulai, sampai akhirnya bener-bener keluar semua isi perut. Dan dengan bijaknya 2 orang kawanku memutuskan untuk berhenti dan mendirikan tenda, mencari tempat yang agak lapang kemudian menginap semalam, tepar 😅…

Baru pagi harinya setelah agak baikan kami melanjutkan perjalanan.

20160207_072405

POS 1

Rencana awal kami akan mendirikan tenda di Sabana 1, namun ketika mulai mendekati Pos 2 yang mulai rame dengan tenda dari pendaki-pendaki lain, pikiran kami mulai berubah, dan di Pos 3 akhirnya kami benar-benar mendirikan tenda untuk ke-2 kalinya.

20160208_065813

Di Pos 3 ini kami beristirahat sebentar, sekitar jam 2 siang kami melanjutkan perjalanan namun carrier kami tinggal di tenda, mendung dan cuaca berkabut waktu itu.

20160207_125527

20160207_125249

Dan ketika kami baru saja menginjakkan kaki di puncak kenteng songo, badai benar-benar datang, kami tak bisa berlama-lama diatas hanya sempat mengambil gambar sebentar setelah itu itu turun lagi ke lokasi tenda, dengan kondisi hujan dan badai yang masih menerpa selama perjalanan turun, meski tak sempat menikmati keindahannya kali ini, namun ini sungguh luar biasa, bersama 2 orang kawanku itu ada pelajaran-pelajaran berharga yang bisa menggantikannya.

20160207_152703

POS 1

Sampai di lokasi tenda, kami mulai ragu apakah akan menginap di tenda ataukah melajutkan perjalanan turun dengan kondisi yang saat itu pakaian yang terpakai benar-benar sudah basah, namun dengan mempertimbangkan beberapa hal akhirnya diputuskan tetap di tenda, dan pertimbangan lain adalah karena pakaian ganti yang ada didalam carrier masih tetap kering.

Dan selama semalam hujan masih tetap turun dengan badai yang sudah menjadi  khasnya merbabu tetap menggoyang tenda kami malam itu