Agro Wisata Pagilaran

22/10/2008 at 08:57 | Posted in Kota Batang | 52 Comments

Aku tidak tahu ingin menulis apa, dari tadi sudah menulis beberapa kata namun ketika menjadi sebuah kalimat aku menghapusnya, kemudian aku menulis beberapa kata lagi namun ketika akan menjadi sebuah paragraf baru, aku malah menghapusnya, dan ini sempat berulang beberapa kali, sepertinya aku tidak ada ide untuk menulis postingan kali ini, sempat aku hanya diam mematung dan memandangi layar monitor untuk beberapa saat, namun tetap saja tidak ada ide yang terlintas dalam kepalaku. Argggghhh….!!!!! barangkali pikiranku sedang buntu sekarang ini, walau sebenarnya ada beberapa kejadian yang aku alami dalam miggu-minggu ini tapi kenapa susah banget untuk aku uraikan dalam sebuah kalimat yang nyata.

dsc02069

Ooh ya, ada yang pernah ke Pagilaran, sebuah hamparan perkebunan teh yang terletak di Selatan Kota Batang, tepatnya di Kecamatan Blado Kabupaten Batang, Perkebunan ini di kelola oleh Fakultas Pertanian UGM dari Yogyakarta, itupun aku baru tahu ketika kemarin mengantar seorang teman yang akan mengadakan penelitian di sana, ternyata untuk mengadakan penelitian di Perkebunan Teh Pagilaran ini harus ijin ke Direksi dulu, yang mana kantor direksinya itu terletak di Kota Yogya sana. Alhasil temanku itu mengundurkan diri karena alasan waktu yang mepet, tugas penelitian itu harus dikumpulkan dalam waktu 2 minggu itu yang membuatnya ragu untuk meneruskan penelitian di sana.

Tapi bukan itu yang ingin aku ceritakan, ada yang baru dari Agrowisata Pagilaran ini, Di samping suguhan pemandangan yang masih alami dan serba hijau, Disini ada Fasilitas untuk Out bond nya dan ada juga Flying Fox nya, ketika aku nanya-nanya sama mas nya yang jaga di sana, fasilitas ini baru di buka sekitar 2 bulan yang lalu, jadi bener-bener masih baru, dan tarifnya pun tidak terlalu mahal untuk masing-masing orang hanya di kenakan biaya Rp. 10.000 itu untuk Flying Fox nya, sedangkan untuk Outbondnya aku malah lupa nanya, aku sendiri pas kemarin ke sana belom sempat nyoba soalnya waktu itu kami cuman ber dua, jadi kurang rame.

Jadi buat kawan-kawan yang mungkin mampir ke kota Batang jangan lupa untuk mampir ke sana, mungkin hanya sekedar untuk menikmati pemandangan hijau nya yang masih alami, atau pengen merasakan Out bond bareng teman-temannya, atau juga pengen merasakan nikmatnya terjun bebas dari sini, silahkan mampir aja ke Obyek Wisata Pagilaran

dsc02051


52 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ah….. tempatnya asri banget ueyy . . . .

    kebun teh . .. . disini juga ada

    tapi gak sesejuk disana . .

    disini kebun tehnya panas >_>

    dan kaga ada mainan Outbond ato apalah namanya.

    ngebayangin aja jadi nafsu ^^

  2. ada di batang tapi dikelola UGM? jauh ya…
    inget dulu pernah ikut teawalk, tapi yang di puncak hehehe

  3. hwwwaaaaaaaaaa…. pengen………
    bagus buat ‘FOTO-FOTO’
    KEREEENNNN….

  4. wah . . .
    asik tuh kalau ada akomodisi (gratis) kesana . . .
    wkwkwkwk . .

  5. Mendingan meniliti di kebun teh Jolo Tigo Kab.Pekalongan, kan lebih dekat dg Batang. Pasti lebih asyik.

    Semoga sukses…

    Kebun Teh Jolo Tigo, tepatnya di daerah mana Pak Mus

  6. –kunjungan balik–
    mau sich, tp…..di akomodasikan bolh?? Hehe
    well, salam kenal y🙂

    Terima Kasih Kunjungan baliknya, akomodasi??? ehhhhmmmmm akomodasinya dari rumah saya sampai tempat tujuan aja yach, hehehehe

  7. tahun lalu saya dan anak-anak jurnalistik SMA Al-Irsyad Pekalongan ke sana. bagus
    dan asri tempatnya. namun ketika anak-anak melakukan wawancara dg penduduk, terkuaklah cerita sedih. kisah pengambilalihan lahan warga yg dilakukan semena-mena oleh pihak perkebunan

    Iya Pak Zul, sampai sekarang pun masih ada soal sengketa lahan itu, ada beberapa yang belom beres kayaknya

  8. yah..bagi mahasiswa, hal2 seperti itu menjadi sangat penting..utk melepas kejenuhan dari aktivitas kampus yang padat…

  9. wah kalo gue taunya cuman puncak sukabumi doang, hehehe…

  10. hemm pagilaran pernah aku 2 kali kesana…memang mantabh..eh kawan kuliah ku rumahnya disana kebetulan ortunya pegawe sana…salam kenal kang…

    Wah udah biasa ke sana tho, yo’i salam kenal juga, thank’s yach dah mampir

  11. kebun teh pagilaran tepat nya dmna ya???
    aku lagi ngidam pengen ksana lwat nya mana ya klo dari kota pemalang???mohon d bls

  12. aku lagi

  13. kebun teh pagilaran kaya nya asik tu
    kebetulan bgt aku lagi ngidam pengen ksana bgt
    klo dari kota pemalang lewat nya mana yah???
    mohon d bales ya??

    Wah kayak lagi hamil aja mbak, pagilaran itu daerah BLADO-BATANG, kalo dari Alun-Alun Batang langsung aja Ke selatan terus, nanti ada petunjuknya koq, pokoknya ke selatan terus, nanti nyampe KOLAM RENANG BANDAR ,masih ke selatan lagi teruuus sampai ke daerah BLADO

  14. Uenak tenan..Kl ke kebun teh pagilaran jgn lupa mampir dì kampungku yo..Ojo lali nyebur curug binorog he he..Uatise puol..

    Curug Binorong, pernah hampir ke sana cuman belom nyampe udah jatuh duluan gara2 ban nyelip di lubang, hehehe…

  15. Sambil liat pemandangan sekalian silaturahmi ke wonobodro..Disana ada makam syeh agung bau rekso yg jarang sekali orang tau.Dan Lebih lg kl mau naik lg ke bismo dan mandi disana,di bismo masih ada peninggalan perjalanan sunan bonang di waktu mensyarkan islam di bumi jawa. Dan masih bnyak lg tempat2 yg ada di sekitar pagilaran yg penuh dengn mistis.

  16. Kok,ndak ada komen baru to..Pada neng ndie kie..

    Gimana Bro kabare, besok nyontreng gak nich

  17. Besok golput wae coy,

  18. wah …suka raditya juga ya..masnya orang mana batang juga..

    Yupz, novelnya bikin ketawa guling2, aku orang batang mas, njenengan pundi???

  19. Agriwisata, bagus. Tapi harus ada manfaat baik buat masyarakat setempat. Bukan utk mengejar retibusi dan keuntungan lain buat perkebunan atau pemda setempat. Pemberdayaan TK lokal hrs diperhatikan. Program mendesak, menyelamatkan sumber air. Tanami lokasi sumber air dengan tanaman pohon tahunan/besar, termasuk rumpun bambu. Rasanya rindu dengan alam yg rimbun penuh pohon, sungai mengalir dan sumber air yg jernih.
    Pelajaran berharaga, beberapa kali di musim kemarau, masyarakat Pagilaran dan sekitarnya harus mencari air jauh ke gunung.
    Semoga pengelola Agrowisata(PT.Pagilaran dan Pemda) menindaklanjuti hal ini. Air untuk masa depananak cucu kita.
    Salam

  20. asyik coy tempatnya
    aku 1 minggu yang lalu kesana

  21. Agro wisata Pagilaran emang asyik banget, apalagi pas lagi musim panen. Kita bisa liat hijaunya daun teh yang siap petik,,,,aku tau coz rumahku hanya berjarak 20 menit dari pagilaran. Buat foto pra-wedding juga bagus kok, sama puncak Bogor masih bagus Pagilaran banget….

  22. Ada sedikit hal yang aku gak suka dari Pemda setempat, soal retribusi….terlebih ketika musim liburan….
    Gila, mahal bener….Kalo aku sih biasanya lewat jalan pintas, jadi gak bakal kena biaya masuk….hehehehe

  23. wah pasti ksana….deket geto…cman 15minute

  24. Aku org pagilaran.. Maen ajah.. Asik loh.. Ditunggu yah..

  25. wah memang pagilaran tempatnya uenak banget pa lagi yang sedang berdua,an…sejuk ,,indah rasanya pingin kesana lagi,,inget waktu itu hujan 2 berdua,an…………………..

  26. Dibalik keindahan yang terlihat di pelupuk mata, ada hal lain yang mungkin bisa disaksikan oleh pengunjung.
    Hampir semua pengambil keputusan adalah bukan dari pribumi (masyarakat setempat). Bisa dibayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada angan masyarakatnya.

  27. itu tempatnya memang bagus pak, saya dulu tinggal disitu sewaktu SD….kebetulan ortu kerja disitu…nice place and nice moment…

  28. emank asik t4nya..
    tak ada duanya..
    masa kecilku disitu dan sangat menyanangkan..

  29. setuju ma palem….
    nice place….
    pemandangannya bagus…
    udaranya seger…
    so pas banget buat temen2 yang dari kota buat tempat refreshing….

  30. halo mas poter aku pengen banget k pagilaran tapi diana selain kebun teh ma outbond da pa lagi cih….???ada sungai ato air terjunya nggak….???

  31. beeeehh…..!!!!!!!! dah psti mantep dech klo maen ke pagilaran……….!!!!!!!!!!
    salam dari ank cokro bwt ank2 pagilaran………
    trtma soleh & keluarga………
    mga2 sehat selalu………

  32. pagilaran emang jozz..
    aku kangen mbek pagilaran….
    nginep bareeng konco konco]

  33. Emang Asyik bgt disana, aku dah ngerasain tinggal disana 4 hr loh, ditempat camer… PErtama datang, ih wauuuuww indah bgt… terhampar permadani hijau yg luas.. PEnduduknya jg ramah-ramah tuh.. Siang menjelang kabut tebal menyelimuti.. malam datang, sepi bgt, nyaman rasanya… apalagi uatise polll….. Ocehan ayam hutan selalu membangunkan tidurku… Jalan-jalan ke gunung kamulyan asyik… Mata airnya, seger bener…. Pokoknya aku harus jd penduduk sana neh, amin……

  34. Tempat pagilaran memang asri dan sejuk banget tempatnya, karena dulu pernah kerja lapangan di perkebunan teh tersebut selama beberapa hari dan terasa dingin udaranya apabila di malam hari saat turunnya embun, wah jangan di tanya udaranya berapa derajat celcius……pokoknya mantab abis deh tempatnya….

  35. sayangnya pengelolanya tidak profesional. hati2 bagi yang mau berkunjung kesana, karena pengelola masih bermental feodal. jangan berfoto2 di kawasan gedung2 pengelola seperti gedung prof iso, karena bisa2 diminta bayaran dan dilecehkan.

  36. Boleh minta daftar paketnya untuk group 100 org

  37. kalu boleh skalian paket outboundnya

  38. pagilaran letak.a d bgian mn???

  39. pagilarannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn deket ko bgus bgt. hampir tiap hari ksanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  40. kasian ya, punya kabupaten batang tapi hasilnya di ambil UGM, ..ckckc
    kasihannya kampung mbah ku,…bikin kaya orang jogja..

  41. sekarang pagilaran luasnya hampir 2000 hektar,,,

  42. PAGILARANNNNNN……UAPIK TENAN…HOHOHO

  43. Wuichhh…. Pagilaran.. Jd keingat kampung… Deket bgt dr kmpg ku..

  44. bagus bgt t4nya..
    penuh dengan kenangan-kenangan
    waktu lu2san smp..
    dah hampir 5 thun g ksna lgi..
    lo kjwa pertama2 yang q kunjungi adalah pagilaran kebun teh blado..
    mhon doanya

  45. KALO UDAH JAM 12 SIANG….KABUT PUTIH TURUN….WUIHHHHHHH..INDAH BANGET…….SUBHANALLAH

  46. aku bangga dengan pagilaran ku ini,
    jadi kangen pengen mudik,
    buad temen” yg d luar kota maen kesni to dijamin gx bakal nyesel………………………

  47. alhamdulillah aq dah pernah kesana dan menjadi pengalaman terindah yang pengen ku ulangi lagi dalam bulan nopember ini hehe…doakan ya

  48. Pagilaran…????nggonku iku…asli cah mbatang

  49. Emang skrg msih di kelola oleh UGM ya?
    Bri pnjelasan lbih lengkap…

  50. Pagilaran t4 mesum buat para ABG,sewa kamar pun tersedia!sungguh mengenaskan

  51. DI JOLO TIGO ADA JURUK{AIR TERJUN}JALAN KAKI SEKITAR 5 KM GAK BISA DI NAIKIN KENDARAAN RODA 2 MAUPUN RODA 4 AIRNYA JERNIH DINGIN ASLI DI TENGAH HUTAN BISA BUAT BERMAIN-MAIN DI AIR TERJUN

  52. Ada tempat buat campingnya gk om tasuri ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: