Proses Itu . . . .

04/11/2012 at 19:26 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Bagiku lebih menyenangkan ketika kita bisa menikmati suatu proses, karena dalam sebuah proses ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, lelah, suka, duka, capek, senang, semua ada dalam sebuah proses, tak terkecuali proses untuk suatu kegiatan.

Baru-baru ini ada 1 kegiatan disekolahku, kegiatan diluar lingkungan sekolah yang tentunya membutuhkan sebuah proses yang memakan waktu tidak hanya 1 – 2 hari. Sebuah acara perkemahan yang diadakan sekolah untuk anak-anak kelas 7, 8 dan 9, dan ini untuk pertama kalinya aku berproses lagi, kali ini dibantu oleh para alumni, kegiatan ini mengingatkan aku akan apa yang dulu pernah aku alami waktu jaman-jaman kuliah, kita harus lembur, lari kesana lari kesini, merasakan capek, ada banyak sekali cerita dibalik semua kegiatan-kegiatan itu. Namun semua itu (rasa capek, lelah, bosan, duka) akan terhapuskan ketika teman-teman yang tergabung dalam kegiatan itu saling bahu membahu, bersama saling berusaha, tidak hanya berkeluh kesah.

Intinya, semua rasa capek, duka, dan hal-hal lain yang negatif yang diperoleh dalam sebuah proses, akan hilang ketika kita bekerja bersama-sama, semua dilakukan bersama agar kegiatan ini bisa terwujud, bagiku yang terpenting adalah kerelaan hati, keikhlasan, secapek apapun kita ketika kita melakukan semua itu dengan ikhlas dan berpikir bahwa INILAH KEGIATAN KITA, dan INILAH TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA, bukan tanggung jawab kamu seorang, aku seorang, dia seorang, tapi KITA BERSAMA, KITA . . .

Dan hari itu aku benar-benar merasakan Dejavu masa kuliah dulu, tentunya bersama anak-anak alumni itu, semangat mereka, cara bekerja mereka, mengingatkan aku kembali akan masa-masa dulu, aku tak begitu mengenal mereka (para alumni itu) tapi melihat mereka seakan mereka teman-temanku sendiri, teman-teman yang waktu itu terus bersemangat untuk memajukan kegiatan, yang bekerja, berproses bersama dengan keikhlasan, kesukarelaan,  dan yang selalu berpikiran ini untuk kita bersama, dan ini tanggung jawab kita bersama, bukan orang-orang yang bersifat masa bodoh, acuh dan tak peduli, bukan saling mengkoreksi, saling marah, saling maedo.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: