Si Kecil, Kebahagiaan dari Tuhan

01/03/2012 at 21:23 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kadang kita merasakan kebosanan dengan aktivitas dan rutinitas kita sehari-hari, kita perlu keluar sejenak dari rutinitas kita untuk sekedar berefreshing dan menghilangkan kejenuhan yang ada, bertegur sapa menyapa teman lama kita yang telah kita tinggalkan, berbagi rasa dan cerita tentang keadaan dulu, sekarang atau lusa akan menambah semangat kita menjalani kehidupan yang kita jalani.

Sore ini, aku dapat titipan undangan dari teman masa SMU dulu, dari nama yang tertera aku mengenalnya, bertahun-tahun mungkin aku hanya beberapa kali bertemu muka dengannya, tapi sore tadi aku dapat amanat yang otomotis aku harus datang ketempat tinggalnya, kita kadang terlalu sibuk dengan kepentingan dan kesibukan pribadi atau justru kita telah melupakan mereka, tapi cobalah sesekali kita sowan (datang) kerumahnya.

Aku lihat si kecil sedang bergelayut manja dipangkuannya, “ini adek masih sekitar 3 tahunan, Om” begitu dia bercerita seolah-olah si kecil yang sedang berkata seperti itu padaku, si kecil menatapku seolah-olah dalam pikirannya bertanya-tanya “Ini siapa si Pa” dan sang ayah yang teman SMU ku itupun mengetahui apa yang ada dalam pikiran si kecil, “Ini teman Papa dulu waktu di SMU adek, Papa dulu suka panjat-panjat pohon, salim sama Om” dan tangan si kecil di diacungkan kepadaku, aku tersenyum, sungguh bahagia temanku satu ini, ada si kecil dan bunda (isterinya) yang menemani kehidupannya, hidup dengan keluarga baru dan mengurus rumah tangganya sendiri,

Sesaat kemudian HP nya berbunyi, dia diam sejenak, membaca dan membalas sms yang baru saja dia terima, dan dengan tersenyum dia berkata, masih ingat si A, teman kita, mungkin tidak sekelas, dari namanya aku mencoba mengingat-ingat namun ingatanku memang tidak pernah tajam karena itu aku masih bertanya-tanya, siapa si A itu, dan diapun menggambarkan ciri-ciri si A, dari cerita yang dia dia bicarakan aku mengangguk-angguk, “owh iya-iya, aku tahu”, tuh rumahnya depan situ katanya kepadaku saat itu, aku tertawa, ternyata selain dia ada juga teman SMU ku disini.

Aku tak berlama-lama disana, aku pamit padanya dan si kecil yang masih duduk di pangkuannya, salim dulu sama Om, tangannya masih kecil untuk menjabat tanganku, lucu, menyenangkan, aku masih membayangkan perasaan bahagia sang ayah atas kehadiran sibuah hati kecilnya ini, karena aku juga merasakan hal yang sama ketika melihat si kecil, kucubit pipinya, semoga jadi anak yang sholehah ya . . . dan akupun meninggalkan rumahnya,  beberapa meter dari rumah dia aku melihat beberapa orang sedang berkumpul dengan memakai sarung, baju koko dan kopiah hitam, iya ini malam jum’at ada tahlilan mungkin, begitu yang ada di hatiku waktu itu, tak kusangka 1 orang mencegatku agak ke tengah, dia menjabat tanganku, Masya Allah, ini orang yang tadi kita bicarakan di rumah temanku itu, dialah Si A yang tadi aku ceritakan, diapun bercerita ini itu sampai pada Si B, dan Si B adalah teman kita 1 angkatan yang ternyata rumahnya juga masih 1 komplek, aku tertawa, teman-teman SMU ku ternyata tinggal berdekat-dekatan.

Dan aku malam ini, merasa ikut berbahagia melihat si kecil putri sulung temanku itu, keluarga kecil yang hidup dengan kesederhanaan, betapa bahagianya keluarga ini, Tuhan memberikan kebahagiaan dengan jalannya sendiri, tak hanya bagi mereka tetapi juga bagi siapa saja termasuk aku, karena aku diberikan kesempatan untuk melihat kisah dan keakraban mereka. Sedikit banyak ini membuat aku lebih bersemangat untuk menjalani rutinitas kehidupan yang aku jalani, ada kebahagiaan yang harus kita kejar dan kita raih, semoga Tuhan memberikan kebahagiaan yang sama untuk setiap makhluknya.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

