Kita belajar dari masalah hari ini, kita tunggu esok . . .

26/02/2012 at 15:25 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Minggu, 26 Februari 2012

Hari ini pertama kalinya aku membuka pelatihan internet dan komputer untuk anak-anak, dengan fasilitas yang masih minim aku gunakan sarana kantor yang ada, 3 buah komputer dan 1 laptop yang aku gunakan untuk mengajari mereka, ternyata kadang persiapan yang sudah kita anggap sempurna bisa jadi berubah di hari H pelaksanaan.

Hari-hari  sebelumnya aku sudah mempersiapkan kabel-kabel LAN dan swicth hub, semua itu aku dapatkan dari dana sekolahan, tak tanggung-tanggung sekolahan mengeluarkan biaya hampir 300 ribuan untuk membeli alat-alat itu, mungkin bagi sekolah-sekolah besar biaya sebesar itu tidak menjadi masalah, tapi bagi yang seperti disekolahku itu, aku merasa gak enak sendiri.
Ketika semua alat sudah terbeli tinggal selanjutnya memasangnya di Lab. Komputer.

Hari jum’at aku memasang kabel jaringan dari tembok ke tembok, dengan dibantu Lukman anak kelas VIII. Namun begitu aku masuk ruangan Lab, aku merasa kaget, kulihat di bagian belakang CPU ternyata semua komputer belum memiliki LAN CARD, betapa bodohnya aku, membeli semua alat-alat dan kabel-kabelnya tapi aku tidak mengecek keadaan komputer yang ada di Lab, waktu itu yang kurasakan pusing bukan main, aku sudah mengatakan pada mereka akan mengajari mereka latihan internet tapi ternyata sarana dan prasarana lab kita memang belum cukup memadai, ingin rasanya marah, betapa tololnya aku ini, sok-sok’an punya impian seperti itu, tidurpun rasanya tak nyenyak karena ada beban pikiran di otak kita, dalam hati aku berkata seandainya aku punya uang lebih akan aku belikan LANCARD untuk latihan ini.

Hari Sabtu pagi, ketika aku disekolahan ada telephone dari Kepala Sekolah untuk mengambil proposal di Masin, Alhamdulillah ada uang transport untuk itu dan ada tambahan untuk pemasangan kabel hari kemarin, Yihaaaa . . . betapa senangnya aku hari itu, setelah pulang sekolah aku gunakan uang itu untuk membeli 1 buah LAN CARD, aku pasang di Komputer kantor yang waktu itu beluim ada LAN CARD nya. Kusambung kabel-kabel LAN nya dan aku cek semuanya sudah bisa digunakan untuk pelatihan internet besok hari Minggu.

Malamnya aku buat Power Point untuk presentasi besok, aku tak sabar menunggu esok mengajari mereka tentang pelatihan Internet, walaupun aku masih merasa was-was, apakah mereka akan ikut pelatihan atau tidak, apakah mereka akan datang di pelatihan ini atau tidak, hal itu masih menjadi kekhawatiran buat aku.

Hari H pun tiba, aku datang jam 9 pagi, 1 jam lebih awal dari waktu yang disepakati, dibantu Yoga anak Kelas VIII aku bersihkan ruangan kantor, aku sapu aku pel biar sedikit lebih bersih, setelah selesai semua aku nyalakan laptopku aku cek internet sudah bisa jalan, aku tengok jam sudah menunjukkan pukul 09.30 WIB, anak-anak masih belum pada datang, dan aku masih merasa khawatir kalau-kalau mereka memang tidak berminat untuk pelatihan seperti ini, setengah jam berlalu mereka masih belum menunjukkan batang hidungnya,  ya sudahlah mungkin mereka memang tidak berminat pikirku waktu itu, tapi didetik-detik berikutnya mereka mulai berdatangan, dengan mengucap salam mereka memasuki ruangan kantor sekolah, betapa senangnya aku melihat semua itu.

Saat itu juga mereka mulai aku suruh menyalakan komputer sendiri, tapi ternyata masalah tidak berhenti sampai disitu saja, aku heran kenapa internetnya tidak bisa jalan, padahal dari kemarin-kemarin aku sudah cek semuanya normal-normal saja. Aku cabut lagi kabel-kabel LAN nya, aku cek IP adressnya, semuanya masih sama seperti kemarin, tak ada yang berubah, 1 per satu aku cabut, aku pasang lagi, 1 komputer bisa connect, aku lanjut ke komputer lainnya, komputer 2 Alhamdulillah bisa, sampai komputer ke-4, namun aku sudah terlalu lelah untuk mengkonekkan laptopku, ya sudah akhirnya laptop yang aku pakai sampai pelatihan selesai aku biarkan tidak terkonek internet, yang penting 4 komputer yang akan digunakan sudah siap untuk pelatihan.

Hari ini aku merasa letih namun juga senang, akhirnya Pelatihan Internet untuk minggu Pertama bisa selesai, walaupun hari ini anak-anak yang ikut dalam pelatihan ini hanya 8 anak. Aku tak tahu apakah untuk minggu depan mereka akan ikut lagi pelatihan ini atau semuanya berakhir sampai di hari ini saja ?. Aku masih menunggu minggu depan, yang jelas hari ini adalah sumber pembelajaran buat aku, akan aku perbaiki apa yang masih kurang di hari ini, biar esok tak ada lagi problem-problem seperti tadi.

Sampai Jumpa Minggu depan teman-teman.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

