Gamelan Jadi Brand Malaysia

27/10/2008 at 22:10 | Posted in Uncategorized | 20 Comments

Hari sabtu kemarin aku sempat terkaget ketika membaca sebuah artikel di Harian Suara Merdeka, Ini tentang gamelan yang notabene nya kita kenal sebagai salah satu kekayaan budaya dari negeri kita, Indonesia, Gamelan di jadikan sebagai branding (pencitraan) oleh negara Malaysia, di bawah ini aku tuliskan artikel yang di muat Suara Merdeka hari Sabtu, 25 Oktober 2008.

Indonesia kembali kecolongan dan terlambat dalam memanfaatkan kekayaan budaya yang dimiliki. Malaysia kini menggunakan alat musik tradisional gamelan untuk branding (pencitraan) negaranya. Dalam iklan di beberapa media cetak yang beredar di negeri Jiran tersebut di sebut sebagai “Suara dari Malaysia”.

“Saat ke Jepang naik pesawat Malaysia Airlines, saya membaca iklan Gamelan Sound Of Malaysia di beberapa majalah dan koran yang ada di pesawat”, kata Agung Prio Wibowo, panitia workshop WHC, saat memberikan penjelasan pers di Balai Kota Surakarta, Jumat (24/10).

Dalam iklan di media itu, gamelan tersebut memang di akui asli dari Indonesia. “Tapi kenapa kita selalu terlambat, sebagai pemilik semestinya kita bisa lebih awal dan lebih leluasa memanfaatkannya untuk apa pun, termasuk untuk branding”, ujarnya.

Ia mengatakan Indonesia punya pengalaman yang kurang baik bersama dalam kaitannya dengan kesenian dan budaya. Indonesia menjadi marah ketika kesenian Reog dari Jawa Timur, Lagu Rasa Sayange, dan motif batik di klain Malaysia. Lebih lanjut Agung mengatakan, Gamelan akan di Workshop kan dalam WHC yang akan di gelar di Pura Mangkunegaran pada 26-28 Oktober, selain Wayang, Keris dan Batik.

*Artikel Suara Merdeka, 25 Oktober 2008*

Soo, sudah banyak kekayaan negeri kita yang di akui oleh negara lain, haruskah semua kekayaan budaya kita akan hilang dan terasing di negerinya sendiri. Dan sebaliknya kita malah mengadopsi budaya barat yang kadang tidak sesuai dengan norma-norma yang ada di negeri kita.


20 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah sedih banget tuh, sebenernya cuman perang media aja, malaysia foto2 trus dimasukin keweb”pariwisata”nya dia dan ngaku2 kalo itu budaya mereka, makanya harusnya indonesia jangan mau kalah dong, bikin juga web kayak malaysia, tempelin foto siti nurhaliza, trus akuin kalo dia orang indonesia wekekekeke….*parah*

    Kalo Siti Nurhalizanya mau sih gak apa-apa, nah kalo dianya nolak gimana coba

  2. Oya😮
    *sambil gigit jari*

    Ini gosip ato emang sudah disahkan oleh negara mereka? .. soalnya, koq ga ada ribut² di media masa ya?

    Saya jadi teringat beberapa puluh tahun yang lalu .. ketika negara anggota ASEAN masih kompak beybeh, dimana negara² anggota bersepakat untuk memilih bunga nasional mereka secara bersama² untuk menghindari klaim dari satu negara dengan negara lainnya.

    Dimana pada waktu itu Indonesia dan Singapura sama² memilih bunga anggrek sebagai bunga nasional. Syukur, jenis bunga anggrek itu bermacam². Jadilah Indonesia memilih anggrek bulan dan Singapura memilih anggrek panda.

    Seandainya semangat solidaritas negara² ASEAN itu masih sama dengan 20-30 tahun, saya pikir bisa dirembukkan bersama masalah tersebut. Seperti penetapan pakaian nasional dan musik nasional, misalnya.

    Yang saya baca di koran mengatakan seperti itu, tapi kenapa selalu Malaysia yach yang selalu ribut dengan negeri kita, apa karena orang sana itu orang-orang Indonesia juga sehingga budaya nya sama

  3. setelah tki digebukin, batik, reog, dan beberapa seni budaya indonesia dirampas, kini gamelan ikut dicaplok? duh sedihnya. kapan kita bangga dg apa yg kita punya ya…

  4. emang nih tetangga kita yang atu ini maunya bikin masalah terus. rasanya gatel aja gitu kalo ga nyabot inventaris bangsa kita tercinta. mulai dari lagu, musik&alatnya, batik, makanan, ampe pulau!
    kalo ada masalah aja ngakunya bangsa serumpun supaya damai, kalo lagi ga ada masalah main comot aja!
    -grrrh:emosi–emosi-

    Apa dia minta di Garukin kali yach biar gatelnya ilang

  5. nambah: ganyang malaysia! wkwkwk.. (masih terbawa nasionalisme sumpah pemuda)
    #kenyo:parah lu..wkwkwk…

  6. malaysia ternyata makin malingasia, Ayo Indonesia Bangkit !!!

    Setuju, harusnya Indonesia bisa bangkit dan belajar dari peristiwa yang sudah berkali-kali terjadi ini

  7. ayo GANYANG MALAYSIA….. udah gak usah ragu lagi…..
    itung2 latihan perang….. dr pd cuma latihan perang2ang…..
    mending perang beneran…..
    AYO MERAH PUTIH….berkibarlah…..

  8. Nah lo.. lalu pada apa dengan program menginventarisir budaya kemaren yang dicanangkan departemen pariwisata yang biayanya milyar-milyaran itu?🙄

  9. daripada gitu, mending uangnya buat jadiin pesawat tempur, tank, kapal selam senjata, terus serang aja langsung…. ntar kan mereka musnah, jadi gak ada yang nyuri….[sarkas mode on]

    yah, mending sembako gratis yang dibagi2in kpd rakyat itu jagn cuma makanan doank, tapi juga tambahin buku, raket, bola sepak, biar sembari menikmati sembako, anak2nya juga jadi jago olahraga n akademik….^^

    Apalagi kalo anak-anak itu di latih untuk mengenal budaya kita, seperti bagaimana cara bermain gamelan atau alat-alat tradisonal yang lain, sehingga ada generasi penerus yang mampu mengenalkan itu pada negara-negara lain, biar gak di curi lagi

  10. abdurrahmaniz.wordpress.com

    visit me^^

  11. wah…. satu lagi hak intelektual milik bangsa di klaim sebagai milik indonesia.

    kayanya gak ada jera-jeranya malaysia itu ngambil milik indonesia.

    wa juga bingung apa maksudnya???

    mungkin kaya di filem-filem kartun TO RULE THE WORLD

    tapi kayanya gak mungkin banget degh..

    ah bodo amat yang jelas MALAYSIA jadi NEGARA MARUK ngambil YANG BUKAN MILIKNYA

  12. Entah kita yg bodoh, atau mereka yg ngawur dan tidak tahu diri. Kemarin reog yg diributkan sekarang gamelan.

    Lama-lama budaya kita habis ya Pak Mus

  13. EMang anak muda indonesia masih cinta dengan budayanya sendiri? atau cuman ngomongnya aja cinta hehehe…

    ah tau deh

  14. ehemm..harusnya pemerintah kita sudah harus sadar dan menjadi tambah pintar…masak kayak ginian aja gak bisa di lindungi…udah tempe,berbagai macam jamu ato tanaman obat khas negara kita di klaim hak patennya ma bangsa lain..ini kebudayaan kita juga mulai di aku oleh tetangga kita juga…oooohbangsaku malang nian nasibMU…???!!!!

  15. wah lgi2 malaysia nyuri. masalahnya pemrinth tak tegas dlm diplomasi cthnya cina yg tegas n brani. malasia gak berani ngaku2 budaya cina sep. barongsai pdahal suku terbesar setelah melyu dsna adl cina. so pemrintah SBY n slnjutnya harus tegas n galak biar ngra2 laen menghrmati INDONESIA dan tak melecehkan INDONESIA…OK bro

  16. saya pengajan gamelan baik dari perunggu, kuninggan dan besihp081359140519. kesenian kita sebenarnya banyak diantarannya gamelan. malesia memang pesan gamelan untuk disana dengan jumlah banyak. disana untuk dikembangkan. sedang bangsa kita yang mempunyai kesenian aja ngak pernah memakai apa lagi untuk dipromosikan. paling-paling hanya waktu kampanye aja baru dipakai setelah itu…. itu pun kalo ingat. katanya seni budaya itu mahal, mahal mana nyewa alat musik tradisional dengan musik moderen? bila negri kita yang kita cintai tidak bisa mempertahankan budaya biyar budaya diambil orang asal tidak hilang. biyar anak cucu kita melihat budaya sendiri di negri orang.

  17. GAYANG MALAYSIA…!!!!!

    WONG NGOMONG JA LOM ISA.CARI GARA-GARA…

    BARIS BERBARIS=INJAK-INJAK BUMI 9 KLO G INJAK BUMI GMN MOW JALAN)
    RUMAH BERSALIN=RUMAH KORBAN LELAKI ( MANG DIPERKOSA )
    KELILING-LILING=PUSING-PUSING

    G CUMAN GEMELAN KU LIAT D WEBSITE MEREKA.AD TARI REOG,KUDA KEPANG,RASA SAYANGE,DLL.

    UDAH BELAJAR DULU….
    DASAR NEGARA BERBAHASA ANEH……..

    GAYANG MALAYSIA…!!!!!!!!

  18. Seharusnya qt lebih dewasa..mari berkaca pada diri sendiri hai para pemuda..ga usah berteriak maling,tapi kita ga tau budaya kita sendiri.apakah semua pemuda jawa,bali,sunda bisa memainkan gamelan?apakah pemuda ponorogo semua bisa dan mengerti reog?apakah anak Indonesia paham akan motif batik?atau,…coba sekarang kita liat,semua anak lebih mengerti Superman dibanding gatotkaca,anak kecil lebih tau spongebob dibanding Si Unyil,DJ MTV kayak siaran di UK aja pke bahasa Inggris melulu..memang kita hidup di mana???
    Saya menangis..pada saat Alan dan Susi mendapatkan medali emas di Barcelona,Sepakbola kita kalah melawan Korsel di Piala Asia,adik2 kita mendapat emas di Olimpiade Sains,pejabat DPR tertangkap korupsi..Kadang sedih..kadang bangga terhadap bangsa Indonesia..
    Sebenarnya…semua berpulang pada diri kita sendiri..Mari kita pakai produk dalam negeri,belajar di dalam negeri,semua akan terangkat dengan sendirinya.Perubahan tidak datang tiba2 bung!!

  19. aduh

  20. wah kita hrus melestarikan budaya Indonesia ini, karna budaya kita ni sudah terkenal sampai seluruh dunia,,
    orang asing ja belajar budaya kita, kenapa kita tidak mau belajar budaya kita yang banyak di perhatikan oleh negara lain sie..

    jngan sampai budaya kita di akui oleh negara lain.. pa lagi negara tetangga..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: