Proses Pembelajaran

08/10/2008 at 06:32 | Posted in Uncategorized | 7 Comments

Setelah beberapa hari yang lalu aku berhasil membuat blog di sini, hari-hari berikutnya aku isi dengan mengutak-atik blog, mempelajari fitur-fitur nya yang tentu saja berbeda jauh dengan fitur-fitur yang ada di blog ku dulu, proses seperti ini tentu saja membuat uang saku ku membengkak, karena gak cukup hanya 1 atau 2 jam saja di warnet, harus bolak balik browsing untuk mencari panduan yang aku butuhkan.

Hal-hal yang terjadi dalam beberapa hari ini adalah :

Mencari Template.

Mencari template yang cocok bagiku tidak mudah, pada awalnya karena template yang tersedia dari worpress sendiri agak kurang sreg, kemudian aku mencari template dari luar, setelah menemukan apa yang aku cari, tinggal bagaimana memasangnya di blog ku ini, nah ini yang bikin pusing, aku gak tahu bagaimana cara memasangya, akhirnya aku browsing lagi di google buat nyari panduannya, beberapa artikel aku temukan dan jawabannya kebanyakan template dari luar di khususkan untuk yang mempunyai domain sendiri, untuk yang gratisan seperti yang aku ini kayaknya gak ada. Ya udach kembali lagi aku nyari-nyari template dari yang telah di sediain worpress sendiri, dan nemu seperti template yang sekarang aku pakai, gak tahu kenapa aku tertarik dengan warna hijau nya, seperti di blog ku yang dulu, Hijau adalah warna surga *Cieeeehhh, gak tahu bener apa enggak*.

Alamat URL tidak Muncul.

Oke masalah template sudah beres, Insya Allah akan pakai template yang ini, Kemudian ketika aku comments di blognya mbak ulan, koq tidak muncul link nya yang menuju ke halaman blog ku, Ya Tuhan apalagi nich yang salah, aku masuk lagi ke Google dan nyari referensi lagi, tapi ternyata setelah beberapa jam koq tidak ketemu-ketemu yach, karena sudah pusing akhirnya aku kembali lagi ke halaman blog ku dan kuputuskan untuk membalas comments yang sudah masuk, rupanya ada dari Pak Zul dan awaluddin, selesai… kemudian aku masuk ke jendela comments dan disitu aku menemukan jawabannya, yang tertera di situ hanya ada alamat emailku saja, alamat URL nya tidak ada, padahal di comments-comments yang lain (comments Pak Zul dan Awaludin) ada alamat URL nya, ketika aku cari-cari jawabannya rupanya pada halaman profil ku aku lupa memasukkan alamat URL ku, yang aku isi di halaman itu cuman alamat Email doang, Argggghhhh…!!! pantesan di blog nya Mbak Ulan alamat URL ku tidak bisa nge Link balik.

Membalas Commentar Yang Masuk.

Waktu berikutnya ketika ada beberapa comment yang masuk, aku membalasnya seperti biasa, namun ketika berkunjung ke blog nya Pak Zul, aku lihat beliau membalas commentnya tepat di bawah comment si pengirim, koq bisa kayak gitu yach??? dan jawabannya baru hari ini aku temukan ternyata jawabannya terletak pada jendela comment yang ada pada dasboardnya, ketika masuk pada jendela comment di situ akan ada siapa-siapa saja orang yang comment di blog kita, Nah di situ tinggal di klik nama si Pengirim Nanti akan keluar halaman editing comment, cara-caranya ada ada blog ini, terima kasih buat Mas adi Nugroho yang sudah nulis cara-cara membalas comment di blog nya.

Yach…Proses belajar memang tidak mudah, harus ada semangat dan usaha yang lebih, dan tak jarang harus ada yang di korbankan.

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Memang perlu waktu lama untuk adaptasi . . . .

    tetap semangat yah…

    BTW Layoutnya minimal tapi kesannya rapi . .

    dengan warna hijau muda lagi wew..

    suka sama warna ijo yah???

    oh yah ngomong-ngomong hijau, hijau itu melambangkan karakter tenang dan dapat menyehatkan mata. disarankan ma dokter mata kalau lama main komputer sekitar 2-5jam rehat 15 menit sambil melihat objek berwarna hijau
    (ini mah bukan ngomentarin >_< )

    Iya nich gak tahu, seneng aja dengan warna hijaunya, rehat 15 menit sambil kedip2 in mata, ntar di kira ngedipin OP warnet nya, hihihihiihi….

  2. bagus juga, bung.
    rajin ke warnet dong ya?

    eh, ngomongin warna hijau, hijau itu warna capung, capung hijau.
    heuheu

    maen2 yak

    Iya nich, membuat angpao lebaran ku lenyap karna kebanyakan nongkrong di warnet, capung??? wes rak tahu weroh capung ma’, jadi lupa warnanya,🙂.
    Maen2 kemana???

  3. senang dg model mas potter belajar perihal wp tanpa putus asa. saya dulu juga demikian, utak-atik dg rasa penasaran. memang risikonya dana, apalagi lewat warnet.

    saya sendiri lebih banyak pake hp (SE W810i). Alhamdulillah, banyak membantu

  4. senang dg model mas potter belajar perihal wp tanpa putus asa. saya dulu juga demikian, utak-atik dg rasa penasaran. memang risikonya dana, apalagi lewat warnet.

    saya sendiri lebih banyak pake hp (SE W810i). Alhamdulillah, banyak membantu

    saran saya, untuk berikutnya coba utak-atik desain-widget.
    untuk gambar head sendiri masukkan lewat desain-gambar tajuk tersuai

    silakan mencoba

    Wah enak kan pake Hp yach Pak Zul, nanti aku coba dech

  5. Yup. . . . . ..

    setuju sama mas Zulmasri . . ..

    coba utak atik wordpress . . .

    hmm… klo perlu tonjolkan RSS feed sama beberapa widget biasa kaya jam,kalender, etc

    mw ngepost hal-hal kapan? di tunggu loh

    Thank’s sarannya, ntar aku coba

  6. asyik pindah ke wp hehehe.. udah disini aja. lebih bagus dan lebih gampang buat pembaca yang mau kasih komennya. sukses ter.. selkamat beradaptasi. Wp gampang kok. aku juga pernah pindahan dari blogspot ke WP

    Iya nich pindah ke WP, tengkyu san

  7. Belajar,belajar, bermain.
    Kadang bnyk bermain jg blajar😀

    hahahaha…iyach banyak bermainnya


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

